Translate

Minggu, 27 November 2011

Tips Memilih Motherboard

Tips memilih motherboard sebenarnya gampang-gampang susah, dimana untuk mendapatkan performa terbaik dengan harga terjangkau sangatlah sulit dan sangat bertolak belakang. Dalam arti kata, bila ingin mendapatkan motherboard dengan performa yang optimal dibutuhkan dana yang tidak murah, dan sebaliknya bila anda mendapatkan motherboard berharga murah, maka tidak akan mendapatkan performa yang optimal.


Namun hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam memilih motherboard adalah tujuan awal membeli motherboard tersebut. Yaitu untuk keperluan gaming, desain grafis atau hanya untuk keperluan pekerjaan office semata. Sebab, dengan mempertahankan tujuan tersebut, kita akan lebih mudah dalam memilih motherboard yang sesuai dengan harapan kita. Berikut ini adalah sedikit tips dalam memilih motherboard.

Tips Memilih Motherboard Yang Baik

Tipe Socket Processor
hal pertama yang perlu dan wajib diperhatikan adalah tipe soket processor yang anda gunakan, sebab bila anda memiliki processor bersoket tipe 478 misalnya, anda tidak bisa membeli motherboard dengan tipe soket LGA. Begitupun sebaliknya. Jadi sesuaikan dengan tipe processor yang dimiliki, yaitu soket 478 dengan motherboard soket 478 juga, prosesor LGA dengan motherboard LGA juga.


Merakit dari awal
Lain halnya bila anda membeli motherboard, dengan maksud merakit komputer dari nol. Sebaiknya kalkulasi dana anda kembali, bila dana bukan jadi permasalahan, pikirkan tujuan anda merakit komputer. Bila bertujuan untuk bermain game atau desain grafis saya sarankan pilih tipe M/B yang bersoket processor AMD, karena tipe processor dan motherboard ini sangat baik dalam urusan grafis, apalagi didukung dengan kartu grafis atau VGA Card yang baik pula. Anda akan mendapatkan performa yang maksimal dan memuaskan.

Tetapi bila tujuan merakit komputer untuk urusan pekerjaan office, multimedia, performa yang stabil dan awet, sebaiknya pilih motherboard dan processor dengan jenis soket LGA dengan processor intel.

Produsen Atau Merk
Pertimbangkan juga para pembuat atau pabrikan M/B, seperti ASUS, GIGABYTE, MSI, DFI dan lain-lain. Pastikan memilih motherboard dengan dukungan dan pelayanan setelah pembelian, yaitu garansi atau jaringan after salenya yang baik.

Chipset Yang digunakan
Chipset M/B perlu juga mendapat perhatian. saat ini sudah banyak produsen chipset yang bergabung dengan para produsen M/B. Baik chipset Intel, SIS, nVIDIA, ATI, VIA dan lain-lain, walau demikian dalam urusan chipset tidak begitu ketara perbedaannya. Frans PC sarankan pilih chipset dari intel.


Jenis-Jenis BUS Atau Slot Interface
Perhatikan media pendukung yang akan digunakan, misalnya anda akan menggunakan kartu grafis atau VGA card berslot PCI Express, jadi jangan membeli M/B berslot AGP atau sebaliknya. Namun sekarang M/B berslot VGA AGP sudah jarang di pasaran. Perhatikan juga Interface Hard disknya, ada yang berinterface IDE, SATA I atau SATA II. Sesuaikan dengan type hard disk yang anda miliki.

Penggunaan Dan Jenis Memory
Penggunaan tipe memory dan kapasitas maksimal yang dapat didukung M/B penting untuk dipertimbangkan. Tipe slot memory pada M/B bermacam-macam dan kapasitas maksimalnyapun sangat beragam. sebaiknya sesuaikan dengan tipe memory yang akan anda gunakan dan pastikan tersedia slot cadangan apabila dikemudian hari anda perlu menambahkan kapasitas memory di komputer.


Driver dan Tersedianya Update
Penggunaan driver yang tepat dapat meningkatkan dan memaksimalkan kinerja motherboard. Pastikan M/B yang anda pilih menyediakan Update driver yang dikeluarkan dan tersedia baik di website produsen M/B tersebut ataupun dipasaran.

Manual Book Atau Buku Panduan
Manual Book atau buku panduan diperlukan untuk melakukan prosedur instalasi, setting jumper, letak posisi peripheral dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mendapatkan manual booknya dalam kemasan motherboard yang anda beli, karena anda akan membutuhkannya suatu saat nanti.

Sebenarnya masih banyak pertimbangan lain dalam Tips memilih motherboard, akan tetapi bila terlalu banyak pertimbangan, yang ada malah bingung dalam memilih M/B yang sesuai. Jadi kesimpulannya adalah, cukup dengan mempertimbangkan tips yang telah disebutkan diatas, anda akan lebih mudah dalam memilih motherboard yang sesuai dengan peripheral yang telah dimiliki.

sumber :  http://franspc.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar