Translate

Kamis, 03 November 2011

Tips Memilih Hewan Kurban

Ingin membeli hewan kurban yang sehat dan layak? inilah beberapa tips yang diberikan oleh Ir Bambang Supranggodo, Kasubdin Peternakan pada Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gresik Jawa Timur.
Menurut Ir Bambang, untuk membeli hewan kurban yang paling penting adalah syarat sahnya kurban hewan harus dewasa (poel), yang ditandai dengan tanggalnya (lepasnya) gigi. Usia kambing/domba di atas 1 tahun sedangkan untuk sapi/kerbau usianya di atas 2 tahun. Hewan tidak kurus dan jantan. “Hewan tidak sedang dikebiri, buah zakar lengkap dua buah bentuk dan letak simetris,” urai Ir Bambang, Jumat (28/10/2011).
Hewan yang hendak dibeli untuk kurban, kata Ir Bambang, sebaiknya berasal dari Jawa Timur. Sebab, Jatim sudah dipastikan daerah bebas Antraks. Sebaliknya, jangan membeli hewan yang demam, diare dengan berak ada darahnya serta pernapasannya lemah. Sebab gejala yang demikian itu adalah tanda hewan yang terkena antraks.
Cara mengetahui hewan tersebut sehat atau tidak, bisa dilakukan dengan meraba bagian dada, pinggang, ketiak dan yakinkan bahwa tidak ada pembengkakan. Alat kelamin luar (testis) harus sama dan simetris.

Sumbe :  http://www.surya.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar